Sistem Pernapasan

Rencana Pelaksanaan pembelajaran

(RPP)

 

Satuan Pendidikan      : SDN 1 Sumput

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/Semester            : V/1

Alokasi Waktu            : 2 x 35 menit

 

  1. I.                   Standar Kompetensi

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

  1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

 

  1. II.                Kompetensi Dasar

1.1.Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia

 

  1. III.             Indikator
  2. A.                Kognitif
    1. I.    Produk

1.1.1.Menjelaskan pengertian sistem pernapasan.

1.1.2.Mendeskripsikan fungsi organ-organ pernapasan manusia.

1.1.3.Menyebutkan organ-organ pernapasan pada manusia.

 

II. Proses

1.1.4.Menempelkan organ-organ pernapasan mausia secara urut dan benar.

1.1.5.Melakukan cara menjaga sistem pernapasan agar tetap sehat.

 

  1. B.                 Psikomotor

Mempresentasikan hasil diskusi secara bergiliran.

 

  1. C.                Afektif
  1. Perilaku Berkarakter

Menggunakan bahasa yang santun dalam menjelaskan materi pembelajaran kepada sesama teman.

  1. Keterampilan Sosial

Bertanya, membantu teman yang mengalami kesulitan, dan menjadi pendengar dan  penyampai informasi yang baik.

 

  1. IV.             Tujuan Pembelajaran
  2. A.                Kognitif
    1. I.    Produk

1.1.1.Dengan diberikan penjelasan dari guru tentang pengertian system pernapasan peserta didik mampu menjelaskan pengertian sistem pernapasan.

1.1.2.Dengan diberikan tugas kelompok mengenai organ-organ penting dalam pernapasan peserta didik mampu mendeskripsikan fungsi organ-organ pernapasan manusia.

1.1.3.Dengan menyimak hasil diskusi yang dilakukan peserta didik mampu menyebutkan organ-organ pernapasan pada manusia.

 

II. Proses

1.1.4.Dengan diberikan gambar organ-organ pernapasan peserta didik mampu enempelkan organ-organ pernapasan mausia secara urut dan benar.

1.1.5.Dengan diberikan penjelasan dari guru mengenai cara menjaga kesehatan organ-organ pernapasan peserta didik mampu melakukan cara menjaga sistem pernapasan agar tetap sehat.

 

  1. B.                 Psikomotor

Dengan bimbingan dari guru peserta didik mampu mempresentasikan hasil diskusi secara bergiliran.

 

  1. C.                Afektif
  2. 1.      Perilaku Berkarakter

Saat terlibat dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa,siswa dapat enggunakan bahasa yang santun dalam menjelaskan materi pembelajaran kepada sesama teman.

  1. Keterampilan Sosial

Dengan terlibat dalam pembelajaran yang berpusat pada siswa, diharapkan peserta didik mampu bertanya, membantu teman yang mengalami kesulitan, dan menjadi pendengar dan  penyampai informasi yang baik.

  1. V.                Materi Pokok

Organ-organ penting dalam sistem pernapasan manusia:

  1. Hidung
  2. Faring
  3. Laring
  4. Trakea
  5. Bronkus
  6. Bronkiolus
  7. Paru-paru
  8. alveolus

 

  1. VI.             Model dan Metode pembelajaran
  2. 1.      Model Pembelajaran             : Jigsaw
  3. 2.      Metode Pembelajaran           : Ceramah

  Tanya jawab

Diskusi

  1. VII.          Kegiatan Pembelajaran
No. Langkah Kegiatan Pengorganisasian
Kelas Waktu
1. Pra Kegiatan

  • siswa mengucapkan salam.
  • Siswa berdo’a.
  • Siswa menjawab kehadiran.
  • Siswa mengeluarkan buku pelajaran IPA.
5 3 menit
2. Pendahuluan/Kegiatan Awal:    
  1. Apersepsi
  • Siswa mengamati gambar hidung yang telah dibawa oleh guru.
  • Setelah mengamati siswa menjawab pertanyaan yang telah dibuat oleh guru
5 3 menit
  1. Eksplorasi Materi:
  • Apa nama alat pernapasan pada manusia?
  • Saat bernapas apa yang kita menghirup?
  • Darimana udara yang kita hirup ini?

 

5 4 menit
  1. Eksplorasi Tujuan:
  • Siswa menjawab pertanyaan guru
5
3. Kegiatan Inti      :

  • Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang sistem pernapasan pada manusia.
  • Siswa dibagi menjadi 8 kelompok.
  • Setiap ketua maju mengambil tugas yang diberikan guru. Tugasnya adalah menjelaskan fungsi dari organ-organ pernapasan pada manusia.
  • Siswa secara berkelompok mengerjakan tugasnya.
  • Siswa maju mempresentasikan hasil diskusinya.
  • Siswa mengurutkan dan menempelkan gambar organ-organ pernapasan.
5 25 menit
4. Penutup/Kegiatan Akhir:    
  a. Simpulan     :

  • Siswa bersama dengan guru menyimpulkan isi materi pembelajaran sistem pernapasan manusia.

 

5 7 menit
b.Evaluasi      :

  • Siswa mengerjakan LKS.
  • Siswa mengkoreksi jawaban secara bersama-sama.
5 20 menit
c. Refleksi       :

  • Ada beberapa kelompok yang  mendapatkan reward dari guru yang hasil kerjasama baik.

 

5 3 menit
  1. Tindak Lanjut:
  • siswa melakuka remidi bila nilainya dibawah KKM.

 

5 3 menit
  e. penutup

  • siswa berdo’a untuk mengakhiri pelajaran.
  • Siswa menjawab salam penutup.
5 2 menit

 

 

 

  1. VIII.        MEDIA/ALAT DAN SUMBER PEMBELAJARAN
  2. 1.      Media Pembelajaran
  3. Gambar-gambar organ-organ pernapasan
  4. 2.      Sumber Belajar
  5. LKS
  6. Silabus
  7. Buku BSE (Rositawaty, S. Aris Muharam. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Nasional Departemen Pendidikan Nasional)

 

  1. IX.             PENILAIAN MEDIA/ALAT                      :

Data kemajuan belajar siswa diperoleh dari kegiatan berikut ini:

  1. Penilaian hasil

–          Bentuk      :Tes Tertulis

–          Jenis          : Pilihan ganda dan uraian

–          Instrument : Soal, table spesifikasi (terlampir)

 

  1. Penilaian proses

–          Bentuk      : Nontes

–          Jenis          : Penilaian kinerja

–          Instrument : Rublik penilaian kinerja, petunjuk kinerja

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

…………………..

 

   

Sidoarjo, 26 November 2012

Wali Kelas

 

 

………………………

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s