Sistem Pernapasan

SILABUS

Nama Sekolah             : SDN 1 SUMPUT

Mata Pelajaran            : Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)

Kelas/ Semester           : V (Lima)/ 1 (satu)

Standar Kompetensi   :

Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan

1. Mengidentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

Kompetensi Dasar       :

1.1  Mengidentifikasi fungsi organ pernapasan manusia

 

 

Indikator

Materi Pokok Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar dan Media

Teknik

Bentuk Instrumen

Contoh Instrumen

01

02

03

04

05

06

07

08

  1. A.    Kognitif

 

  1. I.    Produk

1.1.1.Menjelaskan pengertian sistem pernapasan.

1.1.2.Mendeskripsikan fungsi organ-organ pernapasan manusia.

1.1.3.Menyebutkan organ-organ pernapasan pada manusia.

 

II. Proses

 

1.1.4.Menempelkan organ-organ pernapasan mausia secara urut dan benar.

1.1.5.Melakukan cara menjaga system pernapasan agar tetap sehat.

 

  1. B.     Psikomotor

Mempresentasikan hasil diskusi secara bergiliran.

 

 

 

 

  1. C.    Afektif
  1. Perilaku Berkarakter

Menggunakan bahasa yang santun dalam menjelaskan materi pembelajaran kepada sesama teman.

 

  1. Keterampilan Sosial

Bertanya, membantu teman yang mengalami kesulitan, dan menjadi pendengar dan  penyampai informasi yang baik.

Organ-organ penting dalam sistem pernapasan manusia:

  1. Hidung
  2. Faring
  3. Laring
  4. Trakea
  5. Bronkus
  6. Bronkiolus
  7. Paru-paru
  8. alveolus

 

  1. guru memberikan penjelasan berupa pengertian sistem pernapasan dan organ-organ penting dalam sistem pernapasan
  2. guru membagi siswa menjadi 8 kelompok.
  3. Guru membuat tim ahli yang membahas tentang organ-organ penting dalam sistem pernapasan.
  4. Secara berkelompok siswa mengerjakan tugas.
  5. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
  6. Guru memberikan permainan kepada siswa.
  7. Guru memberikan reward kepada kelompok yang berkerjasama dengan baik.
  8. Bersama dengan murid, guru menyimpulkan materi.
  9. Siswa mengerjakan tugas evaluasi.
Tes:

 

Tulis

 

 

 

 

Tulis

 

 

 

Tulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tulis

 

 

 

 

 

Tes

  • Kinerja

 

 

 

 

Tes:

 

  • Sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • sikap

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • Pilihan ganda
  • Uraian

 

 

  • Kinerja kelompok

 

 

 

  • Uraian

 

 

 

 

 

 

  • Lembar tugas individu
  • Uraian

 

 

 

 

 

 

  • Hasil kelompok

 

 

 

 

  • Pengamatan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • pengamatan
 

 

Evaluasi akhir bab butir B no 1

 

LKS 1,2,3,4,5,6,7,8

 

 

 

 

 

 

 

2 x 35 menit
  • Gambar organ-organ pernapasan pada manusia
  • Buku BSE (Rositawaty, S. Aris Muharam. 2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas IV. Jakarta: Pusat Perbukuan Nasional Departemen Pendidikan Nasional)

 

 

 

Mengetahui,

Kepala Sekolah

 

 

…………..

 

   

Sidoarjo, 26 November 2012

Wali Kelas

 

 

…………………….

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s