Kelas 3 Terpadu

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 SatuanPendidikan             : SekolahDasar

Kelas/Semester                  : 2 / 1

AlokasiWaktu                       : 2 x 35 Menit

Pembelajaran terpadu        : Tipe Integrated

 

  1. A.    STANDAR KOMPETENSI
  2. 1.      Bahasa Indonesia
    1. Berbicara         :

2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan pengalaman secara lisan melalui kegiatan bertanya, bercerita, dan deklamasi

  1. 2.      IPS                               :

1. Memahami peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

  1. 3.      Matematika                :

2.1 menggunakan pengukuran waktu ,panjang dan berat dalam pemecahan masalah

B.     KOMPETENSI DASAR   

1.      Bahasa Indonesia

Berbicara         :

2.2 menceritakan kegiatan  sehari-hari dengan bahasa yang mudah di pahami orang lain

2.      IPS

  • 1.3 menceritakan peristiwa penting dalam keluarga secara kronologis

3.      Matematika

  • 2.1 menggunakan alat ukur waktu dengan satuan jam

 

 

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.      Bahasa Indonesia

Berbicara

  • Menceritakan kegiatan sehari-hari dengan bahasa yang sederhana

2.      IPS

  • Menjelaskan pengertian peristiwa menyenangkan dan tidak menyenangkan
  • Mencontohkan peristiwa menyenangkan dan tidak menyenangkan

3.      Matematika

  • Menentukan tanda waktu dengan satuan jam                                          

 D.    TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.      Bahasa Indonesia

Berbicara

  • Peserta didik dapat Menceritakan kegiatan dengan bahasa yang mudah di pahami

2.      IPS

  • Peserta didik dapat menjelaskan pengertian peristiwa menyenangkan dan tidak menyenangkan
  • Peserta didik dapat Mencontohkan peristiwa menyenangkan dan tidak menyenangkan

3.      Matematika

  • Peserta didik dapat Menentukan tanda waktu dengan satuan jam

E.     MATERI POKOK

Peristiwa

F.     MODEL PEMBELAJARAN

Pembelajaran langsung

G.    Metodepembelajaran

  • Ceramah bervariasi
  • Tanya jawab
  • Diskusi

H.    LANGKAH –LANGKAH PEMBELAJARAN

kegiatan Guru Kegiatan Siswa pengorganisasian

 

A.kegiatan Awal1. Guru mengucapkan salam2. Guru mengajak siswa berdo’a bersama

3. Guru mengabsen siswa

4. Guru memberikan apersepsi:

Siapa yang berangkat ke sekolah naik sepeda sendiri ?

B. Kegiatan inti

1. Guru menjelaskan pengertian peristiwa

2.Guru menceritakan peristiwa saat berangka tmenuju sekolah sambil belajar tentang menunjukkan tanda waktu dengan satuan jam

3.Guru menjelaskan pengertian peristiwa menyenangkan dan peristiwa tidak menyenangkan (sambil menunjukkan gambar )

4.Guru mencontohkan peristiwa menyenangkan dan tidak menyenangkan

5.Guru menyuruh siswa menceritakan kegiatansehari-hari yang merupakan peristiwa, baik itu peristiwa menyenangkan atau menyedihkan

6.Guru menyuruh siswa membentuk kelompok

7.Guru memberi tugas kelompok tentang materi peristiwa dan dikerjakan secara berkelompok

8.Guru menyuruhsiswauntukmenyampaikantugaskelompoknya

C.kegiatan Akhir

1. Guru mereview pembelajaran hari ini dengan menyimpulkan bersama dengan siswa dari kegiatan belajar hari ini tentang peristiwa

2. Guru mengajaksiswaberdo’abersama

3. Guru mengucapkan salam

A.kegiatan awal1.Siswa menjawa bsalam2.Siswa berdo’a bersama

3.Siswa merespon

4.Siswa menjawab

B.Kegiatan Inti

1.siswa mendengarkan

2.Siswa memperhatikan

3.Siswa mendengarkan

4.Siswa mendengarkan

5.Siswa menceritakan kegiatan sehari-hari

6.Siswa membentuk kelompok

7.Siswa mengerjakan tugasnya bersama kelompoknya

8.Siswa menyampaikan tugas kelompoknya di depan kelas

C.Kegiatanakhir

1.Siswa menyimpulkan bersama

2. Siswa berdo’a bersama

3. Siswa menjawab salam

Klasikal

Klasikal

Klasikal

Klasikal

Klasikal

Klasikal

Klasikal

Klasikal

Individu

Kelompok

Kelompok

Kelompok

Klasikal

Klasikal

Klasikal

10 MENIT50 MENIT10 menit

I.       ALAT DAN SUMBER PEMBELAJAN

1.)    Buku IPS: Sunarso,dkk. 2008. Ilmu pengetahuanSosial 2 jakarta: pusat perbukuan

2.)    Bukubahasa Indonesia : Indriyani,dkk. 2008. Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusatperbukuan

3.)    Buku matematika: Putri.Y, dkk. 2008. Matematika. Jakarta: Pusat perbukuan

4.)    Pengalaman atau pengetahuan dari guru dan siswa tentang peristiwa yang pernah di alami

5.)    LKS

6.)    Gambar –gambar tentang peristiwa menyenangkan atau tidak menyenangkan

J.      PENILAIAN (Terlampir )

Penilaian proses

  1. Bentuk                  : non tes
  2. Jenis                      : unjuk kerja
  3. Instrumennya        : siswa memperhatikan penjelasan guru dan keaktifan siswa
  4. Penilaianhasil
    1. Bentuk                  : testulis
    2. Jenis                      : soal uraian
    3. Instrument             :
      1. Menceritakan peristiwa menyenangkan atau tidak menyenangkan secara individu
      2. Menyelesaikan tugas kelompok
      3. Mengerjakan tugas (pekerjaan rumah) secara individu

 

 

Sidoarjo,6 juni2013

Mengetahui                                                                             

KepalaSekolah                                                                  Guru Mata pelajaran

  …………………………….                                            …………………………….

  NIP :                                                                                  NIP :

Normal
0

false
false
false

EN-US
X-NONE
X-NONE

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}
table.MsoTableGrid
{mso-style-name:”Table Grid”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-priority:59;
mso-style-unhide:no;
border:solid black 1.0pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-border-alt:solid black .5pt;
mso-border-themecolor:text1;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-border-insideh:.5pt solid black;
mso-border-insideh-themecolor:text1;
mso-border-insidev:.5pt solid black;
mso-border-insidev-themecolor:text1;
mso-para-margin:0in;
mso-para-margin-bottom:.0001pt;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;
mso-bidi-font-family:”Times New Roman”;
mso-bidi-theme-font:minor-bidi;}

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)

 

SatuanPendidikan                 : SekolahDasar

Kelas/Semester                      : 2 / 1

AlokasiWaktu                        : 2 x 35 Menit

Pembelajaranterpadu           : Tipe Integrated

 

A.    STANDAR KOMPETENSI

1.      Bahasa Indonesia

a.       Berbicara         :

 2. Mengungkapkanpikiran ,perasaan,danpengalamansecaralisanmelaluikegiatanbertanya,bercerita, dandeklamasi

2.      IPS                               :

1. Memahamiperistiwapentingdalamkeluargasecarakronologis

3.      Matematika                :

2.1 menggunakanpengukuranwaktu ,panjangdanberatdalampemecahanmasalah

B.     KOMPETENSI DASAR    

1.      Bahasa Indonesia

1.      Berbicara         :

 2.2 menceritakankegiatansehari-haridenganbahasa yang mudah di pahami orang lain

2.      IPS

·         1.3 menceritakanperistiwapentingdalamkeluargasecarakronologis

3.      Matematika

·         2.1 menggunakanalatukurwaktudengansatuan jam

 

 

C.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI

1.      Bahasa Indonesia

a.       Berbicara

·         Menceritakankegiatansehari-haridenganbahasa yang sederhana

2.      IPS

·         Menjelaskanpengertianperistiwamenyenangkandantidakmenyenangkan

·         Mencontohkanperistiwamenyenangkandantidakmenyenangkan

3.      Matematika

·         Menentukantandawaktudengansatuan jam

 

 

                                           

 

D.    TUJUAN PEMBELAJARAN:

1.      Bahasa Indonesia

a.       Berbicara

·         PesertadidikdapatMenceritakankegiatandenganbahasa yang mudah di pahami

2.      IPS

·         Pesertadidikdapatmenjelaskanpengertianperistiwamenyenangkandantidakmenyenangkan

·         PesertadidikdapatMencontohkanperistiwamenyenangkandantidakmenyenangkan

3.      Matematika

·         PesertadidikdapatMenentukantandawaktudengansatuan jam

E.     MATERI POKOK

Peristiwa

F.     MODEL PEMBELAJARAN

Pembelajaranlangsung

G.    Metodepembelajaran

·         Ceramahbervariasi

·         Tanya jawab

·         Diskusi

H.    LANGKAH –LANGKAH PEMBELAJARAN

kegiatan Guru

Kegiatan Siswa

pengorganisasian

 

A.kegiatanAwal

1. Guru mengucapkansalam

2. Guru mengajaksiswaberdo’abersama

3. Guru mengabsensiswa

4. Guru memberikanapersepsi:

Siapa yang berangkatkesekolahnaiksepedasendiri ?

B. Kegiataninti

1. Guru menjelaskanpengertianperistiwa

2.Guru menceritakanperistiwasaatberangkatmenujusekolahsambilbelajartentangmenunjukkantandawaktudengansatuan jam

 3.Guru menjelaskanpengertianperistiwamenyenangkandanperistiwatidakmenyenangkan(sambilmenunjukkangambar )

4.Guru mencontohkanperistiwamenyenangkandantidakmenyenangkan

5.Guru menyuruhsiswamenceritakankegiatansehari-hari yang merupakanperistiwa,baikituperistiwamenyenangkanataumenyedihkan

6.Guru menyuruhsiswamembentukkelompok

7.Guru memberitugaskelompoktentangmateriperistiwadan di kerjakansecaraberkelompok

8.Guru menyuruhsiswauntukmenyampaikantugaskelompoknya

C.kegiatanAkhir

1. Guru mereviewpembelajaranhariinidenganmenyimpulkanbersamadengansiswadarikegiatanbelajarhariinitentangperistiwa

2.Tindak lanjut:

Guru menyuruhsiswauntukmengerjakansoalBukupaket IPS halaman 12 untuk di kerjakan di rumahsecaraindividu

 

Penutup

1.Guru mengajaksiswaberdo’abersama

2.Guru mengucapkansalam

A.kegiatanawal

1.Siswa menjawabsalam

2.Siswa berdo’abersama

3.Siswa merespon

4.Siswa menjawab      

 

 

 

 

 

 

B.KegiatanInti

1.siswamendengarkan

2.Siswa memperhatikan

 

 

 

 

 

3.Siswa mendengarkan

 

 

 

4.Siswa mendengarkan

 

 

5.Siswa menceritakankegiatansehari-hari

 

 

6.Siswa membentukkelompok

 

7.Siswa mengerjakantugasnyabersamakelompoknya

 

8.Siswa menyampaikantugaskelompoknya di depankelas

 

C.Kegiatanakhir

1.Siswa menyimpulkanbersama

 

 

 

 

 

 

 

2.Siswa mengerjakannya

 

 

 

 

 

 

 

Penutup

1.Siswa berdo’abersama

2.Siswa menjawabsalam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Klasikal

Klasikal

Klasikal

Klasikal

 

 

 

 

 

Klasikal

Klasikal

 

 

 

 

 

Klasikal

 

 

 

Klasikal

 

 

 

Individu

 

 

 

Kelompok

 

Kelompok

 

 

 

 

Kelompok

 

 

 

 

Klasikal

 

 

 

 

 

 

Individu

 

 

 

 

Klasikal

Klasikal

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10 MENIT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

50 MENIT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10 menit

 

 

 

I.       ALAT DAN SUMBER PEMBELAJAN

 

1.)    Buku IPS:Sunarso,dkk.2008.Ilmu pengetahuanSosial 2 jakarta:pusatperbukuan

2.)    Bukubahasa Indonesia :Indriyani,dkk.2008.Bahasa Indonesia.Jakarta:Pusatperbukuan

3.)    Buku matematika:Putri.Y,dkk.2008.Matematika.Jakarta.Pusat perbukuan

4.)    Pengalamanataupengetahuandari guru dansiswatentangperistiwa yang pernah di alami

5.)    LKS

6.)    Gambar –gambartentangperistiwamenyenangkanatautidakmenyenangkan

J.      PENILAIAN (Terlampir )

 

1.      Penilaian proses

a.       Bentuk                  : non tes

b.      Jenis                      : unjukkerja

c.       Instrumennya        : siswamemperhatikanpenjelasan guru dankeaktifan

 

              

 

 

 

 

 

2.      Penilaianhasil

a.       Bentuk                  : testulis

b.      Jenis                      : soaluraian

c.       Instrument             :

1.      Menceritakanperistiwamenyenangkanatautidakmenyenangkansecaraindividu

2.      Menyelesaikantugaskelompok

3.      Mengerjakantugas (pekerjaanrumah)secaraindividu

 

 

Sidoarjo,6 juni2013

Mengetahui                                                                             

KepalaSekolah                                                                  Guru Mata pelajaran

 

 

  …………………………….                                            …………………………….

  NIP :                                                                                  NIP :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s